Berita Terkini | Pengabdian | Seputar Kampus

FAKULTAS TEKNIK UNISMA BERI PENYULUHAN HEMAT ENERGI DI PATI JAWA TENGAH

Fakultas Teknik (FT) Universitas Islam Malang (Unisma) mengunjungi beberapa sekolah di Pati, Jawa Tengah.Serta memberi penyuluhan hemat energi listrik serta pengelolaan sampah hingga menjadi berkah.

Menurut Wakil Dekan III FT Unisma, Ir Unung Lesmanah, MT, kunjungan ini merupakan pelaksanaan dari program pengabdian masyarakat. Mereka mengunjungi beberapa sekolah di Pati, seperti SMK An Najah Kayen-Pati, MA Walisongo Kayen-Pati, MA Abadiyah Gabus-Pati dan MA Matholi’ul Hida Pucukwangi-Pati.

“Para dosen ini melakukan pengabdian berupa penyuluhan untuk memotivasi siswa-siswi di sekolah-sekolah tersebut. Kami memberi penyuluhan motivasi studi lanjut, mengenai hemat energi listrik serta pengelolaan sampah menjadi berkah,” ungkap Unung Lesmana.

Dikatakannya, tim FT Unisma memotivasi pula mengenai perlunya meneruskan ke jenjang berikutnya. Dengan berakhirnya suatu pendidikan formal, diharapkan seseorang dapat memasuki dunia kerja, demikian halnya dengan pendidikan di SMA/SMK/MA sederajat, di mana kurikulumnya dirancang untuk mempersiapkan para siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Penyuluhan mengenai hemat energi guna mengaplikasikan pengabdian masyarakat mengambil tema mengenai Penggunaan Listrik Hemat yang disampaikan oleh H M Taqijuddin, ST, MT. Presentasi ini menjelaskan alasan mengapa penggunaan energi harus hemat dan tips penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan pengabdian masyarakat dilanjutkan dengan presentasi tentang Teknologi pengolahan sampah berbasis 4R oleh Ismi Choirotin, ST, MT, MSc. Titik berat presentasi ini adalah bagaimana merubah mindset siswa untuk meminimalisir sampah dan mengolah sampah menjadi sumber energi dengan berbagai macam teknologi seperti pirolisis, insenerasi, penguraian bakteri, dan lain-lain.

Selain melakukan pengabdian di Pati, imbuh Unung, berbagai peran aktif yang sudah dilakukan tim FT yaitu Pelatihan Pembuatan BBM dari Sampah dengan pirolisis oleh  Dr Ir Priyagung Hartono, MT, Pemanfaatan sampah plastik LDPE sebagai bahan bakar biodiesel dan etanol oleh Dr Ena Marlina, ST, MT, yang juga aktif  bergabung di Bank Sampah dan Forum 3R  Asia Pasifik.

Similar Posts

× Hubungi Kami