Berita Terkini | Seputar Kampus

Launching bilik disinfektan pencegah Covid-19 (Bevico 193) karya Fakultas Teknik oleh Rektor UNISMA

Hajatan besar UNISMA, Dies NATALIS ke-39, Jumat, 27 Maret 2020 bertepatan dengan wabah CORONA yang terjadi di seluruh dunia termasuk Indonesia. Bencana wabah ini mempengaruhi aktivitas di kampus UNISMA salah satunya kuliah diadakan secara online, namun perubahan aktivitas ini tidak menyurutkan semangat mahasiswa dan dosen fakultas teknik untuk selalu berfikir kreatif dengan menciptakan alat atau produk yang bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Untuk mencegah penyebaran virus corona, fakultas teknik menciptakan bilik disinfektan yang diberi nama BEVICO-193 (Berantas Virus Corona). Bilik tersebut dibuat oleh 5 mahasiswa Teknik Mesin yaitu Febri Haryadi (Mesin 2017), Mashudi (Mesin 2015), Firdaus Fitraryansyah (Mesin 2017), Ahmad Wildan (Mesin 2015) dan Chasan Ya’qub (Mesin 2017). Kelima mahasiswa tersebut dibimbing oleh Dr. Ena Marlina, S.T., M.T. dan Ismi Choirotin, M.Sc. dari dosen Teknik Mesin untuk desain kerangka biliknya, sedangkan untuk inovasi otomasinya dibantu oleh Moh Jasa A, PhD. Dan Ir. Susilo. Adapun cairan disinfektan yang digunakan adalah cairan yang dibuat oleh tema dari Farmasi, Fakultas Kedokteran, dimana disinfektan ini sudah mengikuti standar WHO. BEVICO-193 bekerja secara otomatis ketika manusia atau objek masuk dalam bilik. Sehingga masyarakat yang masuk BEVICO-193 tetap terjamin kebersihannya dengan tanpa menyentuh benda apapun, masyarakat hanya masuk ke dalam BEVICO-193, sensor dibawah akan mengaktifkan mesin fogging secara otomatis.

BEVICO-193 diresmikan langsung oleh Rektor UNISMA, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si. didepan Gedung kantor pusat UNISMA. Acara peresmian dimulai dengan pembacaan sholawat Nuril Anwar, dilanjutkan presentasi BEVICO-193 oleh Wakil Rektor 2, Noor Shodiq Askandar, SE.,M.M., selaku ketua SATGAS Pemberantasan Corona di UNISMA. Selanjutnya, BEVICO-193 dibawa ke area Masjid di UNISMA agar bisa digunakan secara langsung oleh masyarakat di lingkungan UNISMA dan sekitarnya.

Similar Posts

× Hubungi Kami