Berita Terkini | Seputar Kampus

LEWAT QURBAN, UNISMA BANGUN INTERAKSI HARMONIS DENGAN MASYARAKAT

Konsep Islam rahmatan lil ‘alamin diaktualisasikan Universitas Islam Malang (Unisma) dalam berbagai kesempatan. Momentum Idul Adha 1441 H. Unisma membagikan 23 ekor sapi dan 16 ekor kambing yang disalurkan ke masyarakat sekitar kampus. Pembagian daging kurban begitu berarti. Terlebih saat ini masyarakat di hadapkan dengan pandemi Covid-19.

“Karena Covid-19 memberikan dampak yang signifikan. Sehingga masyarakat sekitar juga membutuhkan perhatian lebih dari kampus,” jelas Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si.

Dijelaskannya, hewan kurban juga didistribusikan ke lembaga di luar Unisma, diantaranya ke sejumlah pondok pesantren, mulai dari Poncokusumo, Dampit, Pakisaji, Bululawang hingga Ampelgading.

Selain dari lembaga Unisma, hewan kurban tahun ini juga berasal dari individu civitas akademika Unisma yang tergerak untuk melakukan kurban secara swadaya. “Tidak semata dari lembaga, tetapi juga swadaya dosen dan karyawan,” terangnya.

Selain berbagi hewan kurban, Unisma juga menggelar Salat Ied, Jumat (31/8), di Masjid Ainul Yaqin Unisma. Terkait pelaksanaan Salat Idul Adha, Takmir Masjid Ainul Yaqin tetap memberlakukan protokol kesehatan ketat. Mulai dari jaga jarak, membatasi kapasitas jamaah, mewajibkan pemakaian masker, pengecekan suhu dengan thermogun, hingga penyediaan bilik desinfektan.

Sebagai Khatib Idul Adha adalah Prof. Dr. H. Ali Maschan Moesa, M.Si, Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya. Dan yang bertindak sebagai imam salat yaitu Ali Zainal, M.Pd.

Similar Posts

× Hubungi Kami