Akademik | Berita Terkini

Presentasi Dekan dan KPS Tentang Kompetensi Unggulan Distingsi Program Studi di Lingkungan UNISMA

UNISMA berkomitmen dengan visi kedepannya yaitu menuju kampus World Class University, untuk memenuhi visi tersebut, Fakultas Teknik berkesempatan untuk mempresentasikan program unggulan masing-masing program studi Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Teknik Mesin yang dibawakan oleh kepala program studi masing – masing. Acara dilaksanakan di Gedung kantor pusat UNISMA lantai dua dengan dihadiri seluruh dosen fakultas teknik dan 5 reviewer yaitu Bapak Rektor, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si., Wakil Rektor 1, Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D., Wakil Rektor 3, Wakil Rektor 4, dan perwakilan Lembaga pengembangan pembelajaran dan relevansi Pendidikan (LP2RP) UNISMA.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor 1 selaku pemimpin rapat dengan memberikan kesempatan untuk dekan dan para kepala jurusan di Fakultas Teknik untuk mempresentasikan program unggulan masing – masing. Program unggulan ini dimaksudkan untuk menjadi program yang khas bagi Fakultas Teknik UNISMA dengan kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja saat ini dan yang akan dating, serta program tersebut membedakan dengan program yang ada di universitas lain untuk jurusan yang sama.

Ada beberapa masukan yang dirangkum oleh Bapak Dekan Teknik dari berbagai acara dengan para ahli yaitu bahwa implementasi mata kuliah yang sesuai dengan pasar (kebutuhan dunia kerja), dengan menggabungkan beberapa mata kuliah yang saling terintegrasi sehingga memiliki luaran engineer yang siap turun di dunia kerja saat ini dan yang akan dating.

Kepala jurusan teknik sipil yang dipresentasikan oleh Ibu Azizah Rachmawati, S.T., M.T. bahwa Teknik Sipil UNISMA memiliki dua program unggulan, yaitu engineer sebagai konsultan dan kontraktor. Sedangkan Teknik Mesin, oleh Bapak Nur Robbi, S.T., M.T., menjelaskan bahwa Teknik Mesin memiliki dua program unggulan yaitu konversi energi terbarukan dan manufaktur. Terakhir Bapak M. Yasa’ Afroni, S.T., M.T., Ph.D. selaku Kepala Jurusan Teknik Elektro menjelaskan bahwa untuk konsentrasi tenaga listrik memiliki program unggulan smart grid dan robotika yang terintegrasi dengan program AI (Artificial Intelligence). Ketiga jurusan yang ada di fakultas teknik secara umum merumuskan dan merancang program unggulan yang siap diimplementasikan secara langsung sehingga alumni atau luarannya bisa menudukung visi UNISMA sebagai World Class University.

Para reviewer memberikan masukkan dan saran setelah menyimak para penyaji terkait program unggulan, secara umum yaitu program unggulan masih umum. Program unggulan perlu dirumuskan kembali secara detail dengan mempertimbangkan SDM dosen dan fasilitas sehingga siap untuk diimplementasikan segera mungkin. Masukkan terakhir oleh Rektor, yaitu keluaran utama bagi mahasiswa saat ini yaitu publikasi, baik berupa artikel sampai jurnal yang dapat mendukung program UNISMA untuk menjadi kampus berbasis Research & Development (R&D).

Similar Posts

× Hubungi Kami