Berita Terkini | Kemahasiswaan

Sambutan Dekan Fakultas Teknik UNISMA untuk Mahasiswa Baru TA 2019/2020

SELAMAT DATANG

MAHASISWA BARU TA 2019/2020

FAKULTAS TEKNIK UNISMA

ASSALAMU ‘ALAIKUM WR.WB.

Alhamdulillahilladzi arsala Rasulahu bil huda wadinil haq liyudhirohu ‘ala dini kullihi walau karihal musyrikun, Allahumma sholli wasalim ‘ala sayyidina Muhammad , wa’ala alihi washohbihi ajma’in. amma ba’du.

Marilah kita panjatkan rasa syukur kita kehadhirat Allah SWT  atas limpahan ni’mat , taufi’ , hidayah dan inayah-Nya kita bisa beraktifitas pada saat ini dengan lancar, semoga aktifitas kita senantiasa bernilai ibadah disisi Allah SWT. Amiin.

Sholawat dan salam semoga senantiasa tetap terlimpahkan pada junjungan kita Nabi akhir zaman Nabi Muhammad SAW.

Sebelum dilanjutkan sambutan ini, marilah sejenak kita ucapkan yel yel Fakultas Teknik Unisma ..

SIAPA KITA………………………..UNISMA

SIAPA KITA………………………..UNISMA

UNISMA ………………………….. JAYA

DARI NU UNTUK INDONESIA DAN PERADAPAN DUNIA

TEKNIK UNISMA……………….DINAMIS… ..ENERGIK…..SPORTIF

Fakultas Teknik Universitas Islam Malang mempunyai visi menjadi Fakultas  yang handal , berorientasi masa depan dalam Ipteks , budaya dan kepentingan ummat , dengan dilandasi aqidah Islam Ahlisunnah Waljamaah an-Nahdliyah.

Untuk mencapai maksud tersebut dilakukan dengan menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas dan professional sehingga mampu berperan nyata dalam kehidupan bermasyarakat.

Sifat yang harus segera dimiliki sejak awal pada diri mahasiswa ketika memasuki  dunia Perguruan Tinggi agar apa yang diharapkan dapat dilakukan dengan baik adalah meningkatkan sifat kemandirian . Hal ini wajar karena pada umumnya mahasiswa berasal dari daerah yang jauh dari Perguruan Tinggi, jauh dari orang tua , memasuki daerah yang baru, memasuki budaya dan norma yang mungkin berbeda dari daerah asalnya.

Mahasiswa/wi adalah suatu predikat kehormatan yang diberikan kepada sekelompok pemuda/di yang sedang menempuh studi di Perguruan Tinggi. Predikat tersebut terkesan agung , mulia,  elitis, sehingga banyak mahasiswa/wi yang membanggakannya. Namun kebanggaan tersebut hanyalah “Pepesan Kosong” manakala tidak dibarengi dengan kesadaran akan jati dirinya sebagai “ Agent o Change “ terhadap realitas sosial negeri ini.

Era globalisasi adalah terbukanya peluang-peluang baru bagi setiap orang atau masyarakat, atau bangsa untuk maju dan berprestasi seperti bangsa lain, terbukanya kesempatan untuk membuka akses-akses pusat informasi yang sangat diperlukan di semua sektor kehidupan politik, ,ekonomi, teknik, social dan budaya. Terjadinya mega kompetisi memberikan peluang besar kepada siapa saja yang unggul , yang mempunyai daya saing, untuk berprestasi dan meraih kesuksesan, tetapi juga berarti matinya yang lemah dan tidak memiliki daya saing. Sehingga mengejar keunggulan dan menguasai kualitas merupakan suatu syarat mutlak  dalam kehidupan dan peradapan dalam masyarakat kompetitif.              

Pernah saya sampaikan pada Oshika Maba tahun tahun sebelumnya, bahwa dalam aktifitas sehari-hari mahasiswa di Perguruan Tinggi diwarnai dengan tiga dimensi. Dimana ketiga dimensi tersebut saling berebut untuk menjadi dominan. Dimensi tersebut adalah dimensi masa remaja , dimensi intelegensi dan dimensi idealis.

Jika dimensi masa remaja yang dominan , maka mahasiswa tersebut nampak santai, suka hura-hura, susah diajak berfikir serius, apa yang dikehendaki harus dipenuhi, serta tidak punya konsep untuk hari esuk. Dimensi masa remaja tersebut akan membuat mahasiswa mengurung diri dari situasi dan kehidupan eksternal.

Apabila dimensi intelegensinya yang dominan , mahasiswa akan menjadi kutu buku, sangat serius dengan perkuliahan , serta tidak tertarik dengan aktifitas diluar perkuliahan . Baginya yang penting cepat lulus , sedangkan soal kreatifitas , humanis menjadi nomor dua. Lulus dijadikan tujuan , bukan alat untuk mencapai tujuan.

Sedangkan apabila dimensi idealisnya yang dominan, disamping menjadikan mahasiswa yang cekatan, aktif , kreatif dalam perkuliahan dan penelitian , mahasiswa dimensi ini juga cekatan dalam organisasi kemahasiswaan , pengabdian pada masyarakat, aktif dalam kegiatan intra maupun ekstra dalam universitas. Lulus baginya bukan satu-satunya tujuan, tetapi yang terpenting adalah bagaimana mengolah dan mentransformasikan ilmunya pada masyarakat dan mengaktualisasikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Saya percaya mahasiswa baru akan menempatkan dirinya menjadi mahasiswa yang idealis yaitu mahasiswa yang aktif, kreatif, semangat berorganisasi, pantang menyerah,  dan ilmu ilmu yang diperolehnya nanti akan di implementasikan pada masyarakat.

Semoga cita-cita dan harapan kalian senantiasa diberikan kemudahan, kelancaran, kesuksesan, mendapat ilmu yang bermanfaat bagi pengembangan diri, keluarga , nusa, bangsa dan agama, sebagai ibadah disisi Allah SWT. Amiin Ya Rabbal ‘Alamin.

Sekian terima kasih.

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Malang , 30 Agustus  2019

DEKAN FAKULTAS TEKNIK

Ir.H.WARSITO,MT.

Similar Posts

× Hubungi Kami