Akademik | Berita Terkini | Seputar Kampus

PERINGKAT 44 PTN PTS SE-INDONESIA, UNISMA WUJUDKAN AKREDITASI INTERNASIONAL

Universitas Islam Malang (Unisma) berada di peringkat 44 dari 4670 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) seluruh Indonesia versi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemdikbud).

Perguruan tinggi kebanggaan warga Nahdlatul Ulama (NU) ini berhasil mengungguli 49 perguruan tinggi negeri (PTN) dan berada dalam peringkat pertama di Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) se-Indonesia.

Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si mengatakan, pencapaian Unisma yang hebat tahun ini tidak lepas dari perbaikan dari berbagai sektor. Antara lain sisi manajemen, kemahasiswaan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta kerjasama yang dibangun di dalam dan luar negeri. “Termasuk inovasi-inovasi dari berbagai program yang kita lakukan,” katanya.

Menjadi kampus dengan peningkatan peringkat yang sangat signifikan Prof. Maskuri menjelaskan, ada beberapa aspek penilaian yang menjadi standar dalam penilaian dari sisi input, out come, dan out put.

Di antaranya dosen berpendidikan S3, jumlah mahasiswa, jumlah dosen, artikel ilmiah terindeks, jumlah program studi yang terakreditasi, jumlah sitasi dosen, lulusan, serta kerja pengabdian masyarakat.

“Capaian-capaian itulah yang mengantarkan Unisma bisa masuk ke 50 besar PTS dan PTN seluruh Indonesia,” ungkap Prof Maskuri.

Rektor Unisma pun menambahkan, strategi Unisma dalam satu tahun terakhir mempercepat jabatan fungsional dosen, akreditasi, jumlah doktor, rasio dosen dan mahasiswa, penelitian dan pengabdian masyarakat serta prestasi mahasiswa.

“Kami sediakan Rp 3,5 miliar untuk penelitian dan pengabdian dosen pada masyarakat. Penulisan buku juga dialokasikan Rp 2,5 miliar. Itu untuk mendorong para dosen agar meningkatkan jabatan fungsionalnya,” tambahnya.

Unisma tengah mempersiapkan akreditasi internasional untuk 7 Pprogram studi yakni diantaranya manajemen, akuntansi, ilmu hukum, administrasi negara, agroteknologi, agrobisnis dan ilmu peternakan.

“Inilah ikhtiyar yang akan kita pacu terus menerus, agar Unisma semakin baik dan maju,” tandasnya.

Similar Posts

× Hubungi Kami